Rabu, 04 Januari 2012

Resolusi Juara Izat 2012


Cukup aneh rasanya untuk menuliskan resolusi 2012 ketika sudah masuk tahun tersebut. Bukan karena saya baru terpikirkan menuliskan resolusi di awal tahun ini, tetapi karena sebelumnya saya belum berniat untuk menuliskan resolusi yang saya serukan. Akhirnya, saya menulis resolusi ini pada tanggal 4 Januari 2012, setelah melihat ada lomba menulis bertajuk resolusi juara 2012 yang diadakan oleh Speedy. Bukan apa-apa, lomba ini setidaknya membuat saya lebin bersemangat untuk berbagi mengenai resolusi tersebut. 

Berbicara mengenai resolusi, saya jadi teringat tahun 2011 lalu. Tahun di mana saya masih terpuruk dalam emosi yang tidak stabil. Sikap-sikap keremajaan masih saya tunjukan. Meskipun mungkin saya sudah terlalu tua untuk dinamakan seorang remaja, mengingat usia saya sudah hampir 22. Namun demikian kenyataanya saya masih saja ingin untuk bersenang-senang, selalu tertawa, puas dengan kenyamanan, dan tak pernah memikirkan masa depan. 

Pergantian tahun 2011-2012 kemarin ingin saya jadikan saksi mengenai resolusi yang akan saya lakukan. Saya ingin menghentikan sikap-sikap kekanak-kanakan saya hanya sampai di angka 2011. Sudah saatnya saya untuk bangkit dari keterpurukan. Saya akan melawan semua kemalasan, pemborosan, dan sifat-sifat lain yang akan membawa saya pada dampak negatif yang lebih banyak. 

Mungkin apa yang saya ingin capai tersebut disampaikan dengan sedikit berlebihan. Bahkan bisa jadi sebagian orang menganggap itu abstrak. Saya pun juga tidak yakin jika apa yang saya tulis di atas tidak muluk-muluk dan tidak abstrak. Oleh karena itu ada baiknya saya menuliskan resolusi jangka pendek 2012 saia. 

Tahun 2012 ini akan saya isi dengan hal-hal kecil yang saya harap akan terakumulasi menjadi sesuatu yang besar. Saya percaya dengan kata pepatah, “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.” Ketika kita mengerjakan suatu hal kecil dengan keiklasan, suatu saat saya yakin akan menemui hasil yang besar. Yang terpenting adalah menikmati proses.

Yang pertama ingin saya lakukan adalah update informasi lebih cepat. Saya ingin mendapatkan informasi-informasi terkini, sehingga ketika berinteraksi dengan orang akan lebih nyaman. Berita-berita terbaru baik internasional, nasional, hingga regional setidaknya saya ketahui secara cepat tapi  cukup mendalam. Terlebih saya adalah mahasiswa ilmu komunikasi dan tergabung dalam pers mahasiswa. Maka sudah tentu wajib untuk mengikuti berita-berita terkini.

Keinginan saya yang kedua yaitu dapat lebih rajin ngeblog baik dari sisi tulisan, desain, ataupun lain-lainya. Saya beranggapan bahwa mengisi blog sangat berguna untuk keperluan saya kedepan. Terlebih saya pernah mendengar bahwa tidak jarang perusahaan yang melihat calon karyawan juga mempertimbangkan blog. Jadi blog dapat juga dijadikan sebagai nilai tambah seseorang. 

Meskipun saya merasa ingin lebih rajin ngeblog, bukan berarti saya harus mengisi dalam kurun waktu tertentu. Saya tidak mentarget waktu untuk saya menulis. Tetapi saya lebih berusaha untuk mencari apapun yang dapat menggugah saya untuk menulis. Saya tak akan menulis jika saya memang tak ingin menulis. Terlebih bagi saya tulisan yang ditulis dengan terpaksa ataupun ketulusan akan terlihat bedanya. 

Ketiga, saya ingin untuk dapat meyisihkan uang bulanan saya dalam kurun waktu tertentu. Saya ingin mengurangi pengeluaran  seperti membeli rokok, kebanyakan nongkrong, dan lain-lain yang saya rasa kurang perlu. Saya ingin mengurangi tindakan-tindakan itu dan uangnya dapat dialihkan dengan ditabung untuk menghasilkan sesuatu yang lebih berguna.

Yang keempat, saya ingin lebih rajin untuk menciptakan karya dan kemudian memposting baik di blog hingga di youtube, dan napster. Karya yang saya maksud di atas adalah meliputi foto, musik, hingga karya film secara berkelompok, karena passion saya lebih ke hal-hal tersebut. Dengan demikian nantinya saya akan lebih mudah menjual diri saya kepada perusahaan tertentu. Saya juga akan mendapatkan teman yang lebih banyak. Bahkan dapat mengenal teman dari seluruh penjuru Indonesia melalui share karya di dunia maya. 

Perlu saya tekankan di sini bahwa  resolusi yang saya tulis di atas sangat membutuhkan jaringan internet untuk dapat dilaksanakan. Kebutuhan akses informasi, ngeblog, hingga berbagi karya sangat terbantu dengan medium internet.Menabung tentu saja juga sangat terdukung dengan adanya internet. Secara lebih jelas dapat dikatakan demikian, internet memungkinkan kita bertemu orang secara virtual. Dengan kata lain bertemu orang tidak bertemu secara fisik pun dapat dilakukan. Dapat dikatakan dapat lebih berhemat karena dipertemuan fisik biasanya identik dengan nongkrong, dan tentu saja akan terus mengeluarkan uang.

Sekian resolusi dari saya. Semoga saya dapat memperbaiki diri dan mencapai keinginan saya tersebut. Setidakya untuk tahun 2012 rencana jangka pendek dapat relaksana untuk kemudian beresolusi lagi di penghuung tahun 2012 kelak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar